KPAD Pontianak lakukan Audiensi ke Pengadilan Agama Pontianak

KPAD Pontianak lakukan Audiensi ke Pengadilan Agama Pontianak

Blog Single

Rabu (08/03/2023), Pengadilan Agama Pontianak kedatangan tamu dari Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) Kota Pontianak yang bermaksud untuk melakukan audiensi untuk menjalin kerjasama dan sinergitas dalam penanganan pemenuhan hak anak di wilayah Kota Pontianak.

Audiensi tersebut berlangsung di Ruang Media Center PA Pontianak, yang mana Tim dari KPAD Pontianak berjumlah tiga orang tersebut terdiri dari Niyah Nurniyati (Ketua KPAD) didampingi oleh Abdul Haris (Wakil Ketua Bidang Pengaduan dan Pengawasan) serta Mila Famila (Sekretaris) disambut baik oleh Ketua Pengadilan Agama Pontianak Dra. Hj. Norhayati, M.H didampingi oleh Dra. Nisa Istantri (Panitera) dan Irwan, S.H (Sekretaris).

Beberapa hal yang disampaikan oleh Ketua KPAD Pontianak bersama timnya pada audiensi tersebut yakni mengenai Tupoksi KPAD yaitu selain melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan perlindungan dan pemenuhan hak anak, KPAD juga memiliki tugas melakukan mediasi atau sengketa pelanggaran, hak mendapat dan memberikan laporan kepada pihak berwajib tentang adanya dugaan pelanggaran terhadap undang-undang perlindungan anak.Tim dari KPAD juga melakukan pertanyaan terkait Tupoksi Pengadilan Agama Pontianak terutama pada perkara perceraian di Kota Pontianak yang menurutnya juga berdampak pada perlindungan dan hak-hak anak.

Dari pertanyaan yang disampaikan oleh KPAD Pontianak secara langsung ditanggapai dan dijelaskan oleh Ketua beserta Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Pontianak terutama terkait Tupoksi Pengadilan Agama yang bertugas dan berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang Perkawinan (Cerai, Dispensasi Nikah, Itsbat Nikah, dll), Waris, Wasiat, Hibah, Wakaf, Zakat, Infaq, Shadaqoh dan Ekonomi Syariah. 

Pertemuan kali ini merupakan awal yang mana kedepannya nanti akan dijajaki kembali dan akan dibuat perjanjian kerjasama antara KPAD Pontianak dengan Pengdilan Agama Pontianak ujar Ketua KPAD. (Novi Gunawan)

Sumber: https://pta-pontianak.go.id/index.php/2023/03/08/kpad-pontianak-lakukan-audiensi-ke-pengadilan-agama-pontianak-rabu-08-03-2023/

 

Share this Post: