Rayakan Hari Anak Nasional, KPAD Kota Pontianak Kampanye Pencegahan Perkawinan Usia Anak

Rayakan Hari Anak Nasional, KPAD Kota Pontianak Kampanye Pencegahan Perkawinan Usia Anak

Blog Single

Merayakan Hari Anak Nasional 2023, KPAD Kota Pontianak hadir bersama Wahana Visi Indonesia, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Kalimantan Barat, PUSPA Kalimantan Barat, Forum Anak Kota Pontianak dan Forum Anak Yuka beserta lembaga yang memiliki perhatian terhadap perlindungan anak di Kota Pontianak lainnya menyelenggarakan Kampanye Pencegahan Perkawinan Usia Anak. Kegiatan ini dimulai dengan arak-arakan model pengantin dari halaman masjid Raya Mujahidin Pontianak dan dilanjutkan dengan kampanye serta orasi perwakilan dari lembaga peserta kampanye di halaman KONI kalimantan Barat.

Kampanye Pencegahan Perkawinan Usia Anak ini merupakan bentuk edukasi mengenai bahaya dari perkawinan usia anak yang semakin meningkat sejak pandemi Covid 2019 lalu. Berdasarkan informasi tercantum dari Wahana Visi Indonesia, pernikahan usia anak terjadi selain disebabkan faktor ekonomi, juga disebabkan oleh kurangnya aktivitas positif yang dimiliki anak dan minimnya edukasi bagi anak turut mempengaruhi tingginya angka perkawinan usia anak.

Pencegahan Perkawinan Usia Anak diatur dengan UU No.16 Tahun 2019, bahwa perkawinan hanya diizinkan jika pihak laki - laki dan perempuan berusia minimal 19 tahun. Sedangkan dalam UU No 12 Tahun 2022 dengan jelas bahwa Perkawinan Usia Anak masuk ke dalam kategori Kekerasan Seksual.

Niyah Nurniyati menyebutkan bahwa percegahan perkawinan usia anak tertuang dalam Undang Undang Perlindungan Anak Nomor 35 Tahun 2014 yaitu Pasal 22 dan 26 ayat 1 yang memuat kewajiban bagi pemerintah, pemerintah daerah, orangtua dan masyarakat dalam penyelenggaraan perlindungan anak dan pencegahan Perkawinan Usia Anak.

"Hal ini sejalan dengan pertimbangan kesehatan reproduksi anak yang rentan terhadap komplikasi saat hamil dan melahirkan, tingginya peluang meninggalnya bayi yang dilahirkan dari ibu usia di bawah 20 tahun dan tingginya kekerasan rumah tangga yang dialami oleh perempuan usia anak di dalam pernikahan." lanjut ketua KPAD kota Pontianak

Kampanye Pencegahan Perkawinan Usia Anak diharapkan dapat menjadi salah satu cara memberikan edukasi sehingga masyarakat dapat semakin sadar dan memahami akan hak - hak bagi anak dan kewajiban dari orangtua dan masyarakat dalam mencegah pernikahan usia anak. Anak Terlindungi, Indonesia Maju!

"KATAKAN TIDAK PADA PERKAWINAN USIA ANAK!" Tegas Niyah diakhir orasinya dalam kampanye Stop Perkawinan Usia Anak pada Minggu, 30 Juli 2023.

 

 

 

Share this Post: